Thursday 28 May 2015

Bantuan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan S2 Bagi PTK SD Tahun 2015

Bantuan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan S2 Bagi PTK SD Tahun 2015~Setelah sebelumnya Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Dit P2TK Dikdas) Kemendikbud menyelenggarakan Program Peningkatan Kualifikasi Pendidikan S-2 Bagi Guru SMP Tahun 2015, kali ini Dit P2TK Dikdas Kemdikbud juga menyelenggarakan program bantuan peningkatan kualifikasi pendidikan S-2 bagi jenjang Sekolah Dasar tahun 2015.Melalui program ini diharapkan, PTK SD mendapat kualifikasi pendidikan jenjang Magister Pendidikan (S-2) dan memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan profesional. Program studi yang ditawarkan adalah program studi Dikdas dan PGSD bagi guru SD dan Program Studi Manajemen Pendidikan yang diperuntukkan bagi guru, Kepala Sekolah dan Pengawas SD.

Kriteria calon peserta adalah sebagai berikut :
  1. Guru, Kepala dan Pengawas SD yang berstatus sebagai guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY).
  2. Berusia maksimal 37 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan FC KTP yang dilegalisir pejabat berwenang.
  3. Khusus daerah 3T berusia maksimum 42 tahun per 1 September 2015 dibuktikan dengan FC KTP yang dilegalisir pejabat berwenang serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar).
  4. Lulusan S-1 dari program studi relevan dan terakreditasi BAN-PT.
  5. IPK minimal 2.75 pada skala nilai 0-4 dibuktikan dengan FC ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang.
  6. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 tahun dibuktikan dengan FC SK pertama (ditambah SK Daerah khusus bagi PTK yang bertugas didaerah 3T).
  7. Memperoleh izin untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang S-2 dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
  8. Sanggup dan bersedia mengikuti program studi di perguruan tinggi penyelenggara yang ditunjuk oleh Dit P2TK Dikdas Kemdikbud, yaitu UPI, UNY, Unesa, dan UM dengan menanda tangani surat pernyataan bermaterai.
Bagi guru SD yang berminat, sudah dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 16 Juni 2015 sampai 15 Juli 2015. Adapun berkas administrasi yang harus dilengkapi saat mengirim pendaftaran adalah sebagai berikut :
  1. Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademis S-2 yang diketahu atasan langsung dan dinas pendidikan Kab/Kota kepada direktur pembinaan PTK Dikdas.
  2. Surat pernyataan kesanggupan studi S-2 di perguruan tinggi penyelenggara.
  3. Surat keterangan sehat dari dokter.
  4. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).
  5. Pas poto berwarna 4x6 sebanyak 4 lembar
  6. Daftar riwayat hidup
  7. FC ijazah yang dilegalisir (cap basah).
  8. FC KTP
  9. FC NPWP
  10. FC SK pertama.
Berkas pendaftaran dikirimkan ke  :
Subdit PTK SD Direktorat Pembinaan PTK Dikdas, Komplek Kemdikbud Gedung C Lantai 18 Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. Telp/Fax 021 57853741, 57851921

Pada pojok kanan amplop berkas pengajuan ditulis "BEASISWA S-2". Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh PEDOMAN BANTUAN PENINGKATAN KUALFIKASI PENDIDIKAN S2 BAGI PTK SD TAHUN 2015. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya :


1 comments:

  1. bagaimana dg guru SD yg PNS yang melanjutkan kuliah S-2 nya pada Universitas yg tidak ditunjuk oleh Dit P2TK Dikdas Kemdikbud.,,ap solusinya,,,

    ReplyDelete

Mari kita berkomentar dengan arif dan bijaksana, agar kita dapat saling berbagi makna