Friday 12 June 2015

Materi PLPG 2015

Materi PLPG 2015~Sama seperti pelaksanaan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun-tahun sebelumnya, Materi PLPG tahun 2015 juga disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu : 
  1. Kompetensi Pedagogik, 
  2. Kompetensi Profesional, 
  3. Kompetensi Kepribadian, dan 
  4. Kompetensi Sosial. 
Standardisasi kompetensi yang dijabarkan dalam struktur kurikulum PLPG ini juga dikembangkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Sebagian bahan ajar dikembangkan KSG dan sebagian lainnya oleh LPTK penyelenggara sertifikasi dengan mengacu pada :
  1. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru,
  2. Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
  3. Permendiknas No 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akdemik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
Materi PLPG tersebut diarahkan agar peserta PLPG dapat mengimplementasikan kurikulum yang berlaku, terutama dalam menganalisis standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian, serta mengembangkan perangkat pembelajarannya.Sumber belajar pada PLPG dapat berupa buku, diktat, modul, video dan sumber belajar lainnya. Sumber belajar berupa buku-buku yang relevan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah masing-masing. Rambu-rambu materi PLPG dijabarkan dari struktur kurikulum PLPG yang terdapat pada Lampiran 1 sampai dengan Lampiran 6, dan kisi-kisi uji kompetensi. Struktur kurikulum dan lampiran-lampirannya (1 sampai 6) dapat diunduh DISINI
Jika tahun-tahun sebelumnya, materi PLPG dapat diunduh melalui laman sergur.kemdiknas.go.id. Selain itu, materi-materi PLPG ini biasanya akan di distribusi dan dipublikasikan di laman LPTK rayon penyelenggara PLPG 2015 sesuai dengan prodi yang terdapat pada LPTK tersebut. Selain mengunduh materi-materi tersebut nanti, sebaiknya peserta PLPG 2015 juga mengunduh permendiknas yang dijadikan acuan materi beserta struktur kurikulum PLPG pada link-link yang telah infogtk sampaikan diatas. Dan jangan lupa, pelajari skenario pembelajaran PLPG 2015. Demikian, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya :


2 comments:

  1. artikel artikel dan informasi pak robby sangat bermamfaat bagi kami yang akan mengikuti plpg

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infoonya pak Robby. Apakah jadwal pelaksanaan PLPG telah keluar?

    ReplyDelete

Mari kita berkomentar dengan arif dan bijaksana, agar kita dapat saling berbagi makna